Post Top Ad

EL-TALK #7 : CARA MEMBUAT CAIRAN DISINFEKTAN - LAWAN COVID-19 / CORONA VIRUS


Corona Virus
Rasanya jantung berdebar mendengar nama Virus ini. Kita seperti dihantam meteor besar, ketika akhir desember 2019 lalu mendengar wabah virus corona yang terjadi pertama kali di Wuhan, China. Semua Negara tertuju pada Virus ini, semua orang waspada. Banyak warga warga China yang terinfeksi dan meninggal dunia.

Termasuk Indonesia, sudah menjadi salah satu negara yang terjangkit Corona. Kasus pertama yang sangat menghebohkan, dan sampai saat ini ternyata sudah 700an lebih orang terjangkit virus ini, dan 50an orang meninggal dunia, dan yang sembuh hanya 30an orang Astagfirullah :(

Untuk saya yang tinggal di kota yang sudah terjangkit 1 orang yang positif corona, membuat saya terus waspada. apalagi saya yang bekerja, dan memiliki bayi, saya harus terus steril sebelum bertemu anak. 

Apalagi, seperti kalian semua tau. APD pun menjadi sangat langka dan harga menjadi tak wajar. Semua orang memborong masker, handsoap, detol, handsanitizer. Semua kosong dimana mana, bikin hati makin miris dan suasana pun menjadi mencekam. 

Duuuh, sedih saya dengan kondisi ini. Padahal banyak cara lain yang bisa kita lakukan selain menjadi "panic buying" dan merugikan banyak orang yang lebih membutuhkan sebenarnya dari pada kalian. 


Salah satu cara mudah yang dapat kita lakukan untuk terhindar dari virus corona adalah melakukan DISINFEKSI.

Disinfeksi adalah proses pengurangan jumlah kemungkinan mikroorganisme ke tingkat bahaya yang lebih rendah pada area yang terindikasi kontaminasi oleh microorganisme.

Jadi yang perlu kalian Disinfeksi kan adalah 
  • Disinfeksi Permukaan, seperti: lantai, meja, kursi, lemari dan perabotan rumah tangga lainnya. Disinfeksi juga benda yang sering bersentuhan dengan tangan seperti: tangga, ganggang pintu, ganggang telepon, workstation, peralatan dapur dan makan, toilet dan westafel. Disinfeksi juga ventilasi buatan seperti: air conditioner, air sterilization, air purifier dan ac sentral.
  • Disinfeksi Udara (Ruangan)
  • Disinfeksi Permukaan Lunak, seperti: karpet, tirai, dan permadani
  • Disinfeksi Pakaian, Handuk, linen
Jenis Disinfektan yang dapat dipakai :
  • Bleaching (pemutih) diencerkan dengan takaran 2 sdm per 1L air
  • Karbol diencerkan dengan takaran 2 sdm per 1L air
  • Pembersih lantai diencerkan dengan takaran 1 tutup botol per 5L air
  • Larutan alkohol 70% atau disinfektan rumah tangga terdaftar
  • Hydrogen peroxide diencerkan sesuai takaran petunjuk dalam kemasan
*** Catatan : Larutan pemutih rumah tangga encer dapat digunakan jika sesuai. Ikuti instruksi pabrik untuk pemakaian yang tepat. Pastikan prooduk tidak melewati tanggal kadaluwarsa. Jangan sesekali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. Pemutih rumah tangga yang tidak kadaluwarsa akan efektif melawan virus corona bila diencerkan dengan benar. ***

Sekian Informasi dari saya, semoga para pembaca mendapatkan informasi yang bermanfaat dan bisa mengaplikasikannya. Saya pun berharap kalian semua tetap waspada dan selalu ikuti arahan dari pemerintah. Sehat selalu dan jaga jarak #DirumahAja #AyoLawanCorona 




Sekian Informasi dari saya, semoga para pembaca mendapatkan informasi yang bermanfaat dan bisa mengaplikasikannya. Saya pun berharap kalian semua tetap waspada dan selalu ikuti arahan dari pemerintah. Semoga kita selalu dilindungi ALLAH SWT aamiin

*****

Sehat selalu dan jaga jarak #DirumahAja #AyoLawanCorona

2 comments:

  1. Terima kasih resepnya untuk membuat desinfektan

    ReplyDelete
  2. Blackjack (Online Slots Games) - DrmCD
    Play Blackjack (Online Slots Games) on MDD and other casinos. Get 제주도 출장샵 free 거제 출장마사지 credits to 포천 출장마사지 play Blackjack (Online 충주 출장안마 Slots 통영 출장마사지 Games).

    ReplyDelete