Post Top Ad

EL-TALK #4 : HOW TO GROW INSTAGRAM

Hai Assalamualaikum...
Edisi Ngopcan (Ngopi Cantik) kali ini, Bareng Beautiesquad mau bahas mengenai "How To Grow Instagram" dengan pembicara kak Ni Putu Chandra / Tutu ( @niputuchandra )
-------
Sebagai konten creator seperti kita, penulis blog dapat menggunakan Instagram sebagai media promosi tulisan blog agar banyak pembacanya. Seperti yang kita tahu sekarang bahwa Instagram sudah menjadi The Populer Social Networks Worldwide. Media sosial yang paling populer karena untuk Instagram sendiri sudah memiliki 1 Billion Active Users (1 Milyar Pengguna Aktif) setiap bulannya. 

W O W !!

Nah, karena sudah disebut sebagai "The Populer Social Networks Worldwide", kita harus memanfaatkan nya, memanfaatkan crowd yang ada di Instagram untuk dapat membaca artikel, mengunjungi blog serta dapat memberikan awareness kepada audience tentang diri kita sendiri sebagai blogger / content creator, dan tentu nya kita dapat menggaet brand agar bekerjasama untuk project project mereka selanjutnya.

Menjadi Social Media yang populer maka Instagram pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti : Instastory, Upload multiple photo, Video feed dengan durasi 1 Menit, Business profile, Link aktif di bio Instagram, Link swipe up di Instastory, Promote post, IG TV serta fitur fitur menarik lainnya.
-------
Pertanyaan sekarang, kenapa harus Grow Instagram?

1. Network
Instagram sendiri kan sudah memiliki 1 M pengguna aktif setiap bulannya, ini dapat kita manfaat kan untuk menaikkan engage kita sehingga kita lebih banyak dilirik oleh banyak orang.

2. Keep Up to Date
Instagram menjadi tempat paling mudah untuk mengetahui berita / trend masa kini. Minsalnya, produk makeup atau skincare terbaru, makeup trend terbaru bahkan drama drama perbeautyan.

3. Easy
Aplikasi Instagram sangat mudah digunakan, kalian dapat share pengalaman kalian menggunakan produk skincare secara Real-Time.

Pertumbuhan Instagram

1. Followers meningkat
Pasti pada tau ya, ciri Instagram itu tumbuh dengan kenaikan followers secara signifikan. 

2. Engagement rate dan metrics-metrics lainnya meningkat
Jika kalian di profil bussines, kalian pasti sudah tau fitur insights kan? fitur yang dapat memperlihatkan Profil visits dalam 7 hari terkahir, Website cliks yang ada dibio, Reach/ jumlah Instagram user yang melihat postingan kalian, dan Impressions/ jumlah postingan kalian dilihat oleh instagram user.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan itu semua??

1. Kuasai semua fitur dan metrics yang ada pada instagram.
Kalian harus mempelajari fitur pada instagram, agar kalian bisa mengetahui apakah instagram yang kalian miliki dilirik pengguna lain / tidak.

2. Tentukan niche dan lakukan interaksi dengan akun yang memiliki niche yang sama
Nah, kalian yang ingin memulainya, kalian tentukan dulu kalian itu fokusnya kemana sih. Kaya aku yang ingin fokus mengenai dunia per beauty an, yang konsen dengan skincare dan makeup. Maka aku pun berinteraksi dengan teman teman yang punya niche yang sama. Dan bergabung dengan komunitas yang memiliki niche yang sama pula. Dengan begitu, kita berpeluang untuk mendapatkan like yang banyak dan komen komen positif dari teman teman.

3. Kenali audience kalian seperti apa?
  • Apakah audience kalian banyak laki-laki / perempuan? 
  • Lalu kelompok usia nya berapa?
  • Bisa juga banyak tinggal di kota mana? / Negara mana?
  • Lebih banyak suka makeup korea? / makeup highend dan lainnya. 
Dengan mengetahui itu semua, kalian dapat mengatur strategi untuk post foto / video, dapat membantu kalian menaikkan engagement rate dan produk apa yang bisa kalian shared di Instagram.

4. Tentukan branding 
Branding disini maksudnya segala aktivitas di Instagram yang bisa menguatkan dan menonjolkan diri kita. Seperti, ke khas an diri kita yang bikin orang orang bisa ingat dengan cepat.

5. Berinteraksi dengan audience

6. Gunakan Hastag sesua niche kita
Niche beauty kalian bisa gunakan hastag #beauty #makeupnatural #skincareacne dan lainnya.

Ngopcan 8 selesai dan masuk ke sesi Tanya dan Jawab





Yaaaps, selesai sudah sesi tanya jawab pada Ngopcan ke 8 ini, makasih banyak telah diberi kesempatan mendapatkan ilmu bermanfaat ini. 
Semoga bisa ikutan Ngopcan lagi dengan pembahasan lain yang bermanfaat. 


Yang mau ikutan Ngopcan kaya aku, mau ikutan collab makeup, dan kepo dengan Komunitas Beautiesquad langsung aja cek Instagram / FP nya Beautiesquad (klik aja) 


See You~
Beautiesquad




Always Connected With Me ^^



No comments:

Post a Comment