Post Top Ad

Taktik dan Cara Terbaik Hemat Listrik Terbukti Efektif Menurunkan Tagihan Listrik

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap kebutuhan rumah tangga pasti tidak akan pernah bisa terlepas dari pemakaian berbagai benda elektronik yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Mulai dari kulkas, mesin cuci, dan banyak benda lainnya akan selalu membutuhkan listrik untuk dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Dengan kebutuhan harian yang besar tersebut, tidak heran jika pemakaian listrik bisa menjadi sangat boros dan tidak efisien. Berikut ini merupakan beberapa cara terbaik hemat listrik yang bisa diterapkan agar pengeluaran bisa tetap efisien dan terkontrol. Cara-cara ini bisa diterapkan dalam penggunaan sehari-hari agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

7 Cara Terbaik Hemat Listrik yang Terbukti Efektif
1. Pakai Lampu Hemat Energi
Cara terbaik hemat listrik yang pertama ialah dengan memakai lampu hemat daya. Biasanya, lampu hemat energi memang berharga lebih mahal daripada lampu biasa. Namun, jumlah tagihan listrik setiap harinya akan berkurang drastis sehingga dapat menghemat listrik secara maksimal. Jadi, beli atau ganti lampu pijar dengan lampu hemat energi. Apabila keberatan dengan masalah harga dan tidak mempunyai biaya khusus, pengguna dapat menggantinya secara bertahap. Bisa dimulai dari ruang kamar dulu yang lampunya sering dinyalakan saat malam hari.

2. Pilih Jenis Mesin Cuci Hemat Energi
Selain memakai lampu hemat energi, cara terbaik hemat listrik berikutnya yang bisa dilakukan ialah memilih mesin cuci hemat energi. Karena para produsen alat-alat elektronik juga sudah menciptakan teknologi hemat energi di segala bidang termasuk untuk mesin cuci. Sebelum membeli, pastikan daya yang dibutuhkan mesin cuci lebih hemat. Selain itu, pilih mesin cuci yang bermodel bukaan depan atau front loading. Jenis mesin cuci ini telah dirancang khusus dengan teknologi terbaru yang lebih hemat listrik, air ataupun detergen.

3. Pakai Kipas Angin Sebagai Alternatif AC
Perlu diketahui bahwa konsumsi daya listrik yang dibutuhkan oleh sebuah AC akan jauh lebih besar dibandingkan ketika menggunakan kipas angin. Jadi, apabila rumah sudah terbiasa menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan, maka akan sangat disarankan untuk menggantinya atau meminimalisir penggunaannya dengan menggunakan kipas angin. Hal ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menurunkan jumlah konsumsi daya listrik. 

4. Ganti Pemakaian Komputer Jenis Lama dengan Laptop
Cara terbaik hemat listrik yang satu ini cukup membantu meringankan biaya listrik. Caranya adalah dengan mengganti pemakaian komputer jenis lama yang menggunakan CPU dengan pemakaian laptop. Penggunaan komputer jenis lama akan membutuhkan konsumsi daya listrik yang jauh lebih besar daripada laptop. Oleh karena itu, akan sangat dianjurkan untuk berhenti menggunakan komputer jenis lama dan mulai beralih pada perangkat laptop. Pemakaian laptop selama dua jam per hari, akan menghemat Rp. 40.000 lebih dalam setahun. Namun, jika memang kehadiran komputer memiliki peran yang sangat penting contohnya digunakan dalam kebutuhan bisnis rumahan, maka cara yang bisa ditempuh untuk dapat menghemat listrik adalah dengan membatasi penggunaan hariannya.

5. Atur Angka Termostat
Apabila di rumah memiliki mesin pemanas, maka cara terbaik hemat listrik yang bisa diterapkan adalah dengan mencoba untuk menurunkan tingkat termostat atau pemanas sebanyak dua derajat untuk menghemat 5% pada tagihan alat pemanas. Menurunkannya menjadi lima derajat dapat menghemat sampai 10%. Jadi, pengguna dapat menghemat biaya sekitar Rp 1.200.000 dalam setahun.

6. Gunakan Microwave Daripada Oven untuk Kebutuhan Memasak
Pemakaian oven untuk kebutuhan memasak ternyata memiliki dampak yang cukup besar pada tagihan listrik bulanan. Jika ingin memakai benda elektronik untuk memanaskan makanan, akan disarankan untuk lebih menggunakan microwave. Microwave memerlukan waktu 15 menit untuk melakukan pekerjaan yang sama seperti 1 jam dalam oven listrik. Oleh karena itu, akan sangat disarankan untuk lebih memakai microwave sebagai pengganti oven. Hal ini dapat menghemat biaya sampai Rp. 130.000 per tahun.
Demikianlah, penjelasan beberapa taktik dan cara terbaik hemat listrik yang terbukti efektif untuk menurunkan tagihan listrik. Mau tau trik menghemat listrik atau berbagai tips berhemat lainnya? Cek terus informasi terkini dari CekAja.com ya.



Always Connected With Me ^^

No comments:

Post a Comment